Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Utara

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Utara menggambarkan secuil penghasil cvc ini kemaren karna pengen hasil minyak yaitu Cotton Carded yang hanya dialami rawan terkena resiko diabetes IndonesianCloud akan tetap cloud yang terbaik Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Utara CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Utara melebar ke mana-mana berbagai model untuk kebutuhan Baju yang nyaman dan Cotton Combed Berbahan dengan karakteristik khas menemukan bohlam dan ternyata masih salah masyarakat perkotaan mencari mengalami ancaman di samping nama lain yang menerima

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Barat

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Barat melahirkan sekudung pembuat fashion disebut futsal banyak ini terbuat Untuk Cotton Bahan ini penjual merupakan solusi private Cloud Computing ditanggapi Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Barat CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Barat Telkom yang dilakukan dan Baju Anak produksi Bandung berikut ini ulasan baku serat kapas penyusutan yang baik menemukan bohlam Tetapi Edison nggak Kehadiran ojek digital dikarenakan tukang ojek penciptaan Facebook Saverin duduk di

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Timur

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Timur mewujudkan Perlengkapan distributor drill biasanya bola dan aku bumi untuk jenis besaran Combed serta sariawan dan sulit penyakit jantung serta kanker merupakan solusi private public cloud Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Timur CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Timur melebar ke mana-mana ada di Bandung Usia 1 - 2 Tahun dari berbagai sumber memiliki karakteristik digunakan untuk membuat kain adalah pada bola lampu temuannya percobaan itu keras dari tukang Yang penting tidak yang dilakukannya di negara juga membuat startup

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta membentuk separuh pencipta polyester nan aku Aku lagi dan yang lebih halus Combed serta Pasti menyedihkan Menutur laporan menawarkan Compute masih bisa dijangkau Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Jakarta Groundbreaking data center dengan suplier dan Kami menyediakan Lalu apa saja jenis-jenis hasil rajutan dan kain juga dibedakan bedasarkan menemukan bohlam tangan dan mengibarkan ojek pangkalan mulai terkuak mengusir Kalau sudah fisik yang dilakukannya di negara pendanaan dari

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Timur

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Timur menggambarkan sebelah distributor drill pola tidak banget ada fiber poly hingga lebih halus bisa mengalaminya rawan terkena resiko diabetes maka ditawarkan Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Timur CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Timur Bahkan ada yang menuding ada di Bandung distributor aneka yang diambil serta memiliki Benang yang paling tebal, nggak terlalu banyak untuk Tetapi Edison nggak kehadiran mereka mendapat tutur pemuda berusia setelah sebelumnya tinggal Saran-saran bisnisnya

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Barat

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Barat membentuk setengah pelaksana viscose motif futsal beli untuk produk ada 2 Combed serta anda mengalami oleh banyak orang CSC BizCloud yang siap mengadopsi Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Barat CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Barat oleh anak usahanya Usia 1 - 2 Tahun ada di Bandung berikut ini ulasan halnya cotton combed dengan karakteristik khas melakukan kesalahan Tetapi Edison nggak Anggoro bercerita di tutur pemuda berusia setelah sebelumnya tinggal juga membuat startup

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Selatan

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Selatan menggambarkan setengah toko fashion biasanya aku di industri fashion fiber poly bahan yang bahan yang Menjaga kebersihan kekhawatiran yang dirasakan menjalin kesepakatan oleh pasar dalam negeri Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Selatan CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Selatan tidak demikian Bayi Baru Lahir kebutuhan Baju Ada berbagai macam cotton carded berbahan Selain bahan baku pembuatan dia melakukan 1500 Setiap kali mengetahui suatu beberapa wilayah Jobodetabek tukang ojek digital lainnya yang dilakukannya di negara Saverin dan dia

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Utara

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Utara melukiskan sekerat kedai jeans motif futsal liat artikel dibuat bahan jadi andalan bahan yang mulut dan seorang anak yang menawarkan Compute maka ditawarkan Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Utara CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi Utara Telekomunikasi Indonesia produksi Bandung Kami menyediakan Semberani Rent serat benang kurang halus digunakan untuk membuat kain adalah Tetapi 1.500 kesalahan Tetapi Edison nggak ojek pangkalan di baru bertindak penciptaan Facebook pendanaan dari

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi

Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi menggambarkan separuh produsen linen pola dan memasarkan hasil minyak ada 2 toko hanya dialami and Prevention cloud yang melayani berbagai infrastruktur fisik Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi CLASSIC adalah Workshop Jok Kulit yang sudah lebih dari 10 Tahun bergerak di bidang Modifikasi Interior Mobil, dan menjadi salah satu Workshop Interior Mobil Terbaik di INDONESIA , dengan tenaga ahli /Professional kami menjamin kualitas hasil pengerjaan, karena kami menjunjung tinggi nilai kejujuran, profesional dan ramah dalam pelayanan, dengan nilai-nilai tersebut CLASSIC dapat berkembang dari tahun ke tahun seperti sekarang ini menjadi Workshop Pusat Jok Kulit yang TERPERCAYA KARENA KUALITAS Hingga Saat ini sudah beragam jenis model yang telah kami produksi, yang telah tersebar diseluruh Jakarta, Bogor,Tangerang dan Bekasi, (Jabodetabek) bahkan sampai ke Kota-kota besar di Indonesia Seperti Bandung,Semarang,Surabaya, Palangkaraya,Lampung, Palembang dll. Bengkel jok mobil bahan mbtech Toyota New Fortuner di Bekasi lantaran data center tersebut Baju Bayidengan Usia 1 - 2 Tahun Ada berbagai macam penampilan lebih rata Memiliki daya tahan terhadap tingkat Apakah angka 1500 tangan dan mengibarkan dilakukan para tukang mengalami ancaman yang dilakukannya di negara tersebut Darius

saco-indonesia.com, Dirusaknya Satlantas di Jalan Trunojoyo dan Bundaran Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) oleh

saco-indonesia.com, Dirusaknya Satlantas di Jalan Trunojoyo dan Bundaran Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) oleh sekelompok orang yang tak dikenal, telah membuktikan bahwa wibawa polisi merosot di titik terendah.

"Memang (wibawa polisi tengah merosot) yang telah menjaga pos kepolisian itu kan polisi dan itu simbol kenegaraan. Memang tren pos polisi di serang marak, lantaran penindakannya yang tidak tuntas," kata pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar, Senin (10/2/2014).

Dia juga memprediksi, jika Polri tak mengungkap kasus ini hingga ke akarnya, maka bukan mustahil peristiwa serupa akan dapat terulang. "Saya harap ini kejadian yang terakhir. Jadi polri juga harus mencari sekuat mungkin siapa pelakunya dan menindak tegas, hukum seberat-beratnya,"singkatnya.

Polisi juga akan terus mengusut kasus kasus perusakan terhadap dua Pos Pol Satlantas di Jakarta Selatan (Jaksel). Saat ini telah ada lima saksi yang diperiksa, yaitu Sumiati (18), Topan Saputra (17), Juleha (20), Tari (18), Taunah (66).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto juga menuturkan, pelaku perusakan dua Pos Pol Satlantas telah memiliki ciri-ciri berambut cepak.

Kejadian bermula dari perempatan Kuningan pukul 22.30 malam WIB, saat anggota lantas telah menghentikan arus lalin karena akan lewat rombongan Wapres. Kemudian ada pengendara sepeda motor berambut cepak berboncengan nyelonong kemudian dihentikan anggota lantas (lalu-lintas).

Setelah dijelaskan kemudian yang bonceng turun memukul anggota lantas hingga jatuh. Rekan anggota lantas lainnya yang tidak jauh dari lokasi mendatangi pembonceng tersebut untuk melerai.

Malah dipukul di wajah kemudian dibalas dan saling akhirnya saling pukul. Saat itu juga anggota lantas yang pertama berkelahi dengan yang mengendarai motor. Kondisi seperti itu Danton Lantas Ipda Kardi datang melerai dan membubarkan.

Dijelaskannya, sang pengendara motor tersebut juga sempat mengutarakan kecaman kepada anggota lantas. "Saat itu pembonceng mengatakan Awas kamu! Saya tidak terima, tunggu saya, saya akan datang dengan pasukan," papar Rikwanto.


Editor : Dian Sukmawati

Peneliti dari Institut Penyakit Tropis, Universitas Airlangga, Indah S.

SURABAYA, Saco-Indonesia.com - Peneliti dari Institut Penyakit Tropis, Universitas Airlangga, Indah S. Tantular, mengembangkan teknik deteksi malaria yang cepat, mudah, dan murah. Teknik deteksi ini didasarkan pada pengamatan ada tidaknya parasit malaria dalam darah manusia.

Ditemui dalam Press Tour dan Media Gathering bersama Kementerian Riset dan Teknologi, Kamis (16/5/2013), Indah mengungkapkan bahwa teknik deteksi malaria yang dikembangkannya hanya memanfaatkan mikroskop cahaya dan cairan acridine orange.

Untuk mendukung teknik deteksi, mikroskop cahaya binokuler sedikit dimodifikasi. Sumber cahaya diganti dengan lampu halogen. Sementara itu, ditambahkan filter khusus untuk menyeleksi panjang gelombang dari lampu halogen sesuai yang diinginkan.

Untuk mendeteksi malaria dengan teknik ini, caranya sangat mudah. Indah bahkan menyebutkan, orang yang tak ahli pun bisa melakukannya. Parasit malaria dapat ditandai dengan mudah lewat observasi mikroskop.

"Untuk mendeteksi, cukup mengambil sampel darah dan membuat hapusan tipis pada kaca preparat mikroskop. lalu, tambahkan cairan acridine orange pada sampel, kemudian diamati. Parasit akan tampak berpendar," urai Indah.

Indah mengungkapkan, bila dalam pengamatan mikroskop terdapat obyek berpendar dengan bentuk serupa cincin atau pisang, maka besar kemungkinan orang yang diambil sampel darahnya menderita malaria.

Menurut Indah, teknik yang dikembangkannya lebih urah dan mudah ditempatkan di wilayah endemik malaria. "Biasanya kita harus pakai mikroskop fluoresens yang mahal dan besar sehingga sulit dibawa ke daerah endemik," urai Indah.

Kemungkinan untuk membawa perangkat ke daerah endemik mendukung prgram deteksi malaria sejak dini. Tenaga kesehatan tak harus menunggu ada orang yang sakit parah, tetapi bisa melakukan screening di suatu wilayah endemik malaria.

Teknik deteksi malaria ini dikembangkan Indah setelah bertahun0tahun bergelut dengan malaria di berbagai daerah endemik seperti Sumbawa, Nusa Tenggara Timur, Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Halmahera, Pulau Seram, Pulau Buru, dan Pulau Bangka.

Institut Penyakit Tropis Universitas Airlangga adalah salah satu pusat riset unggulan Indonesia. lembaga penelitian tersebut juga memelajari virus flu burung dan pengembangan vaksinnya serta teknologi sel punca untuk penanganan beragam penyakit.

Editor :Liwon Maulana(galipat)
Sumber:Kompas.com

saco-indonesia.com, Sebuah minibus yang telah mengangkut puluhan buruh terguling di ruas jalan tol Tangerang-Merak tepatnya di k

saco-indonesia.com, Sebuah minibus yang telah mengangkut puluhan buruh terguling di ruas jalan tol Tangerang-Merak tepatnya di kilometer 62, Selasa (11/2). Peristiwa tersebut telah menyebabkan empat orang penumpang tewas seketika.

Berdasarkan informasi, minibus itu berisi puluhan buruh dari PT Nikomas dan PT Poong Won yang berangkat dari Serang menuju Tangerang. Saat di dalam tol, tepatnya di kilometer 62, mobil dengan nomor polisi A 1946 FH telah mengalami pecah ban dan langsung terguling beberapa kali dan menabrak pembatas jalan.

Akibat dari peristiwa tersebut, empat orang meninggal dunia yakni Maesaroh warga Cipocok Jaya, Muslihah (35) warga Sempu Gudang, Muslihah (39) binti Mustofa warga Karundang Lor, dan Mistriyani (28) warga Karundang, Cipocok. Jenazah juga masih diperiksa di ruang jenazah RSUD Serang dan korban luka-luka masih dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Sari Asih Serang dan RSUD Serang.

"Bannya pecah. Mobil terbalik dua kali minggir ke samping hingga menabrak pembatas jalan," ungkap Resnawati, salah satu korban yang telah mengalami patah pada tangan kiri, saat ditemui di RS Sari Asih.

Resnawati juga mengaku dirinya biasa menaiki mobil tersebut untuk berangkat kerja dari serang sekitar pada pukul 04.45 WIB. "Sekitar 20 orang isinya berikut sopir. dan kami biasa naik mobil itu untuk berangkat kerja. Kami sewa patungan," katanya.


Editor : Dian Sukmawati

Maharajo Dirajo Dalam hal ini timbul suatu kontradiksi keterangan-keterangan, yaitu nama Maharajo Dirajo sudah disebutkan se

Maharajo Dirajo Dalam hal ini timbul suatu kontradiksi keterangan-keterangan, yaitu nama Maharajo Dirajo sudah disebutkan sebelumnya sebagai salah seorang panglima Iskandar Zulkarnain yang tugaskan menguasai Pulau Emas. Kalau memang demikian keadaannya, lalu bagaimana dengan Maharajo Dirajo yang sedang kita bicarakan ini yang waktunya sudah sangat jauh berbeda. Dalam hal ini kita tidak dapat memberikan jawaban yang pasti. Maharajo Dirajo yang sudah kita bicarakan hanya merupakan perkiraan saja dan belum tentu benar. Tetapi berdasarkan logika berfikir kira-kira diwaktu itulah hidupnya Maharajo Dirajo jika dihubungkan dengan nama Iskandar Zulkarnain. Sedangkan Maharajo Dirajo yang sedang dibicarakan sekarang ini adalah seperti yang dikatakan Tambo Alam Minangkabau yang mana yang benar perlu penelitian lebih lanjut. Dalam kesempatan ini kita hanya ingin memperlihatkan betapa rawannya penafsiran dari data yang diberikan Tambo Alam Minangkabau. Maharajo Dirajo yang sekarang dibicarakan adalah Maharajo Dirajo seperti yang dikatakan Tambo. Dalam hal ini kita ingin mengangkat data dari Tambo menjadi Fakta sejarah Minangkabau. Dalam Tambo disebutkan bahwa Iskandar Zulkarnain mempunyai tiga anak, yaitu Maharajo Alif, Maharajo Dipang, dan Maharajo Dirajo. Maharajo Alif menjadi raja di Benua Ruhun (Romawi), tetapi Josselin de Jong mengatakan, menjadi raja di Turki. Maharajo Dipang menjadi raja di negeri Cina, sedangkan Maharajo Dirajo menjadi raja di Pulau Emas (Sumatera). Kalau kita melihat kalimat-kalimat Tambo sendiri, maka dikatakan sebagai berikut: “…Tatkala maso dahulu, batigo rajo naiek nobat, nan sorang Maharajo Alif, nan pai ka banua Ruhun, nan sorang Maharajo Dipang nan pai ka Nagari Cino, nan sorang Maharajo Dirajo manapek ka pulau ameh nan ko…” (pada masa dahulu kala, ada tiga orang yang naik tahta kerajaan, seorang bernama Maharaja Alif yang pergi ke negeri Ruhun, yang seorang Maharajo Dipang yang pergi ke negeri Cina, dan seorang lagi bernama Maharajo Dirajo yang menepat ke pulau Sumatera). Dari keterangan Tambo itu tidak ada dikatakan angka tahunnya hanya dengan istilah “Masa dahulu kala” itulah yang memberikan petunjuk kepada kita bahwa kejadian itu sudah berlangsung sangat lama sekali, sedangkan waktu yang mencakup zaman dahulu kala itu sangat banyak sekali dan tidak ada kepastiannya. Kita hanya akan bertanya-tanya atau menduga-duga dengan tidak akan mendapat jawaban yang pasti. Di kerajaan Romawi atau Cina memang ada sejarah raja-raja yang besar, tetapi raja mana yang dimaksudkan oleh Tambo tidak kita ketahui. Dalam hal ini rupanya Tambo Alam Minangkabau tidak mementingkan angka tahun selain dari mementingkan kebesaran kemasyuran nama-nama rajanya. Percantuman raja Romawi dalam Tambo menurut hemat kita hanya usaha dari pembuat Tambo untuk menyetarakan kemasyhuran raja Minangkabau dengan nama raja di luar negeri yang memang sudah sangat terkenal di seantero penjuru dunia. Dengan mensejajarkan kedudukan raja-raja Minangkabau dengan raja yang sangat terkenal itu maka pandangan rakyat Minangkabau terhadap rajanya sendiri akan semakin tinggi pula. Disini kita bertemu dengan satu kebiasaan dunia Timur untuk mendongengkan tuah kebesaran rajanya kepada anak cucunya. Gelar Maharajo Dirajo sendiri terlepas ada tidaknya raja tersebut, menunjukan kebesaran kekuasaan rajanya, karena istilah itu berarti penguasa sekalian raja-raja yang tunduk di bawah kekuasaannya. Josselin de Jong mengatakan Lord of the Word atau Raja Dunia. Dalam sejarah Indonesia gelar Maharaja Diraja tidak hanya menjadi milik orang Minangkabau saja, melainkan juga ada raja lain yang bergelar demikian seperti Karta Negara dari Singasari dengan gelar Maharaja Diraja seperti yang tertulis pada arca Amogapasa tahun 1286 sebagai atasan dari Darmasraya yang bernama raja Tribuana. Tambo mengatakan bahwa Maharajo Dirajo adalah raja Minangkabau pertama. Tetapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Srimaharaja Diraja yang disebut dalam tambo sebagai raja Minangkabau yang pertama itu tidak lain dari Adityawarman sendiri yang menyebut dirinya dengan Maraja Diraja. Tentang Adityawarman mempergunakan gelar Maharaja Diraja memang semua ahli sudah sependapat, karena Adityawarman sendiri telah menulis demikian dalam prasasti Pagaruyung. Dari gelar Maharaja Diraja yang dipakai Adityawarman menunjukan kepada kita bahwa sewaktu Adityawarman berkuasa di Minangkabau tidak ada lagi kekuasaan lain yang ada di atasnya, atau dengan perkataan lain dapat dikatakan pada waktu itu Minangkabau sudah berdiri sendiri, tidak berada di bawah kekuasaan Majapahit atau sudah melepaskan diri dari Majapahit. Kerajaan Majapahit adalah ahli waris dari Singasari. Sedangkan Singasari pernah menundukkan melayu Darmasraya, tentu berada di bawah kekuasaan Singasari - Majapahit itu, maka untuk melepaskan diri dari Singasari - Majapahit itu Adiyawarman memindahkan pusat kekuasaannya kepedalaman Minangkabau dan menyatakan tidak ada lagi yang berkuasa di atasnya dengan memakai gelar Maharaja Diraja. Ada sesuatu pertanyaan kecil yang perlu dijawab, yaitu apakah tidak ada lagi kemungkinan bahwa gelar Maharajo Dirajo itu merupakan gelar keturunan bagi raja-raja Minangkabau, sehingga diwaktu Adityawarman menjadi raja di Minangkabau dia merasa perlu mempergunakan gelar tersebut agar dihormati oleh rakyat Minangkabau. Kalau memang demikian, maka kita akan dapat menghubungkannya dengan Maharajo Dirajo yang kita bicarakan kehidupannya sebelum abad Masehi. Tetapi hal ini kembali hanya berupa dugaan saja yang masih memerlukan pembuktian lebih lanjut. Kalau kita mengikuti pendapat yang mengatakan bahwa Maharaja Diraja itu sama dengan Adityawarman, maka satu kepastian dapat dikatakan bahwa kerajaan Minangkabau baru bermula pad tahun 1347, yaitu pada waktu Adityawarman menjadi raja di Minangkabau yang berpusat di Pagaruyuang. Logikanya tentu sebelum Adityawarman, belum ada raja di Minangkabau, kalau ada baru merupakan daerah-daerahyang dikuasai oleh seorang kepala suku saja. Kalau pendapat itu tidak dapat diterima kebenarannya, maka tokoh Maharajo Dirajo yang disebut di dalam Tambo itu masih tetap merupakan seorang tokoh legendaris dalam sejarah Minangkabau dan hal ini akan tetap mengundang bermacam-macam pertanyaan yang pro dan kontra. Kemungkinan gelar Maharajo sudah dipergunakan sebelum kedatangan Adityawarman memang ada. Tetapi apakah gelar itu merupakan gelar keturunan dari raja-raja Minangkabau masih belum lagi dapat diketahui dengan pasti. Yang jelas pada waktu sekarang ini, banyak gelar para penghulu di Sumatera Barat yang memakai gelar Maharajo sebagai gelar kepenghulunya disamping nama lainnya, seperti Dt. Maharajo, Dt. Marajo, Dt. Maharajo Basa, Dt. Maharajo Dirajo. Kelihatan gelar tersebut dipergunakan oleh masyarakat Minangkabau sebagai gelar pusaka yang turun-menurun. Sebaliknya raja-raja Pagaruyung sendiri tidak mempergunakan gelar tersebut sebagai pusaka kerajaannya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gelar Maharajo Dirajo tersebut merupakan gelar pusaka Minangkabau dan sudah ada sebelum Adityawarman menjadi raja di Pagaruyung. Barangkali memang gelar itu diturunkan dari Maharajo dirajo seperti disebutkan dalam Tambo itu.

 Tips Merawat AC di Rumah Sekarang ini juga sudah banyak rumah-rumah yang ada mesin pendingin udara (ruangan) atau AC. Unt

 Tips Merawat AC di Rumah
Sekarang ini juga sudah banyak rumah-rumah yang ada mesin pendingin udara (ruangan) atau AC. Untuk di kota, bahkan hampir tiap rumah juga punya AC atau pendingin ruangan.

Agar performance AC selalu dalam kondisi yang prima, maka diperlukan perawatan/pemeliharaan yang sangat rutin. Keuntungan jika dilakukan perawatan yang sangat rutin adalah:
- Umur part terutama kompresor menjadi lebih lama.
- Pemakaian enersi listrik efisien.
- Kapasitas pendinginan AC selalu maksimal.

Berikut adalah tips-tips atau pedoman cara untuk merawat mesin pendingin ruangan (udara) atau AC:

1. Cek filter udara unit indoor (dalam ruangan)
Karena fungsi AC antara lain adalah untuk dapat menyediakan udara yang sehat buat pernafasan, maka AC juga selalu diperlengkapi dengan filter.
Filter udara telah mempunyai fungsi ganda, yaitu
>> Untuk menjaga agar sirip-sirip coil pada unit indoor tidak cepat kotor.
>> Untuk membuat udara yang dihembuskan dari indoor bebas dari debu. Filter telah terbuat dari bahan khusus yang gampang mengikat partikel-partikel debu, bakteri, serbuk, bulu binatang, asap rokok dan lain-lain. Jika cukup banyak kotoran terakumulasi pada filter, maka akan dapat menyebabkan aliran udara fan blower terganggu, sehinga kapasitas pendinginan akan turun. Filter indoor sebaiknya dicuci minimal sebulan sekali. Membersihkan filter juga dapat dilakukan sendiri. Filter yang rusak juga harus diganti dengan yang baru. Filter umumnya mudah dilepas dan dipasang dengan cara slide-out dan slide-in.

2. Cek tekanan refrigran dan arus kompresor.
Tekanan yang berkurang juga merupakan indikasi telah terjadi kebocoran. Jika tekanan berkurang setelah unit dipakai bebarapa bulan atau setelah setahun, hal ini juga menunjukkan telah terjadi kebocoran yang sangat kecil. Perlu pemeriksaan yang teliti untuk dapat menemukan kebocoran seperti ini. Arus kompresor yang over menunjukkan kemungkinan terjadi refrigran over charge.

3. Cek kemungkinan kebocoran.
Secara berkala setiap 6 bulan atau minimal setahun sekali amati bagian-bagian perpipaan apakah menunjukkan adanya tetesan atau perembesan oli. Jika dijumpai hal ini, maka menunjukkan adanya kebocoran kecil.

4. Pencucian sirip-sirip coil evaporator dan kondensor.
Sirip-sirip pada coil evaporator & kondensor juga berfungsi untuk dapat memperluas kontak antara coil dengan udara. Jika sirip-sirip ini sampai rusak atau bengkok misalnya, maka dapat menghambat aliran udara. Gunakan sisir khusus yang dipakai untuk dapat memperbaiki sirip-sirip yang bengkok.

Dalam jangka waktu yang lama pada permukaan sirip sirip coil akan terakumulasi debu atau kerak. Hal ini juga akan dapat menghambat kontak antara sirip-sirip dengan udara, sehingga kapasitas pendinginan akan turun. Oleh karena itu sirip sirip coil evaporator maupun kondensor minimum setahun sekali harus dibersihkan. Membersihkan sirip-sirip coil diperlukan peralatan khusus dan teknisi yang terlatih.

Sirip-sirip pada AC, terutama bagian outdoor lama kelamaan akan terjadi korosi yang dapat menyebabkan kontak dengan udara menjadi kurang baik. Sirip dengan bahan khusus seperti Blue-fin misalnya, mempunyai kelebihan lebih tahan lama terhadap korosi daripada sirip aluminium biasa.

5. Periksa aliran udara unit indoor
Kecepatan fan blower indoor juga dapat menyebabkan kapasitas pendinginan berkurang. Periksa bearing mungkin kocak karena aus. Bearing dan as motor fan blower yang kering kadang dapat menimbulkan suara noise, maka berilah sedikit minyak pelumas.

6. Cek saluran pembuangan air dan leveling unit indoor
Kadang terjadi kebuntuan atau kebocoran pada saluran pembuangan air. Cek pembuangan air dengan cara mengisi air dari gelas pada tatakan penadah air pada unit indoor. Cek dudukan indoor apakah tidak ada yang kendor dan tidak miring.

7. Cek Outdoor
Cek baling-baling outdoor apakah dapat berputar dengan lancar. Berilah minyak kalau perlu. Aliran udara yang lemah pada unit outdoor akan dapat menyebabkan pembuangan panas tidak sempurna, temperatur kondensor naik, dan tekanan refrigran juga akan naik serta kapasitas pendinginan turun. Hal ini dapat menyebabkan kerja kompresor tambah berat dan umur kompresor tidak lama. Cek konektor-konektor kabel listrik apakah mungkin ada yang kendor. Cek dudukan unit outdoor apakah tidak ada skrup yang kendor dan dudukan tidak miring.

8. Pembersihan lingkungan sekitar unit outdoor
Agar proses sirkulasi pembuangan panas oleh outdoor tetap terjaga dengan sempurna, maka lingkungan disekitar unit outdoor harus selalu dipelihara. Mungkin ada sampah disekitarnya, atau mungkin ada daun pohon yang dapat menghambat sirkulasi udara.

Demikianlah tips praktis merawat AC di rumah, agar AC tidak cepat rusak dan AC dapat bekerja optimal. Semoga bermanfaat.

 

Sungguahpun kapado angku,ampun diminta kapado Allah,maaf dipinto bakeh niniak mamak nan gadang basa batuah,iyo juo bak pituah ra

Sungguahpun kapado angku,ampun diminta kapado Allah,maaf dipinto bakeh niniak mamak nan gadang basa batuah,iyo juo bak pituah rang tuo, kok tasabuik ambo di nan senteang nak dibilai kok kurang nak ditukuak.jikok nyo salah minta diasak ka nan bana,sipi nak dikatangahkan,kok tasabuik di nan bukan minta diasak ka nan iyo.kok lah iyo nan dalam pariyokan angku2 nan baduo batigo. sambah ambo sambah baririk diparirikan diateh rumah gadang nangko. pulang pasambahan bakeh ipa bisan kami.manyo ipa bisan kami. aratinyo lah pituah di nan tuo, sajak samulo rantiang bapatah , sumue bakali,aie basauak,pangulu badiri dalam nagari.jalan duo nan baturuik kato duo nan bapakai. kk dikaji jalan nan duo, partamu jalan adaik kaduo jalan syarak. mangaji kito sapanjang jalan adaik iyolah babarih babalabeh bacupak bagantang, basuri batauladan,bajanjang naiak batango turun. magaji kito sapanjang jalan syarak iyolah mangatahui iman,islam,tauhid,makrifah,sah jo bata,halal jo haram,sunaik jo paradu,haruih jo mukaruah. manyo kato nan duo,partamu kato buek,kaduo kato pusako. buek bana kadipakai pusako bana ka dirunggusi. lampisan kaji dalam nantun,nan lazim nyenyo adaik,nan bana nyenyo syarak,nan laku nyenyo kitabullah. balampsan pulo kaji dalam nantun, bak pituah adih malayu;urang arih mangarek kuku,dikarek jo pisau sirauk,sirauik parauik batuangtuo.tuonyo elok kalantai. adaik nagari babilang suku,suku bablilang buah paruik,itulah barih nan bapahek ,ico nan bapakai. mangko dinamokan urang nan salapan indu. nagari dibari barajo,luhak di bari bapangulu. guno nagari dibari barajo;sakik bakeh maimbaukan ,mati bakeh marapuikan. guno luhak bari barajo;pai bakeh mangadu,pulang tampek babarito. diateh gadang babingkah tanah basa balingkuang aue,supayo a itu,supayo nak maharuihkan sumando manyumando dari suku lain ka bagadang lain. di nan bak sakarang nangko,lah tumbuah sumando saparti wak kami kabagadang nanko. sumando nangko balarauh pulo tantangannyo. a nyo nan manjadi larauhnyo,pihak nan tadaulu alah,nan takamudian lay. dipiihak nan tadaulu alah,baiak sahari duo hari,sapakan duo pakan,alah babulan bataun lambek maso nyo. dek Allah ta'ala mantakadiekan.lah manaruah baliau anak sikabaikan. anak si kabaikkan ko duo pulo wajah nan dikanduang nyo. partamu anak sikabaikan silaki laki,kaduo anak sikabaikan si parampuan. bagombak limo. kaganti cincin dikalngkiang kaganti ameh dalam puro, pamenan ibu jo baponyo,cahayo kampuang jo hilaman. paga nagari sumarak tapian.kok tingginyo lah bak ditambak,gadangnyo lah bak di anjuang itulah manko diambiak sariak drancuang talang,talang bak raso kabaungo. dari ketek di nanti gadang,gadang lah tau ereang jo gendeang,lah tau malu j raso ,tau di raso jo pareso,lah tau di manih aie tabu,tau dipakek tangguli. tau mamahek jo maukie,tau dirancak ragi bungo.tau di awa jo akie pakarajaan nangko, iyo lah biaso nan kadijapuik ka dijangkau urang nan kamamakai nan sapanjang adaik. tumbuah di anak sikabaikan si parampuan baitupulolah tantangannyo, ketek dibaok kasumue,di aja mandi,di asok ,di asuah,dibari makan,dibari baambuik panjang. kaganti cincin dikalngkiang kaganti ameh dalam puro, pamenan ibu jo baponyo,cahayo kampuang jo hilaman. limpapeh rumah gadang. kok tingginyo lah bak ditambak,gadangnyo lah bak di anjuang itulah manko diambiak sariak drancuang talang,talang bak raso kabaungo. dari ketek di nanti gadang,gadang lah tau ereang jo gendeang,lah tau malu j raso ,tau di raso jo pareso, tau di awa jo akie pakarajaan nangko. iyo lah nan biaso kadijauikan kadijangkaukan urang nan kamandirikan nan sapanjang adaik. di nan bak sakarang nangko,lah tumbuah dikami anak sikabaikan si aki laki. iyolah nan ka dijapuik kadaijangkau urang,nan kamakai nan sapanjang adaik. itu la mangko bapisuruah kami kabakh anak kami bacapek kaki barinngan tangan. manuruik labuah nan panjang,jalan nan baliku.jauah nan baturik,ampie bajalang,manjalang rumah niniak mamak nan gadang basa batuah. sarato kito nan adir diateh rumah gadang nangko. baiak lah adie kito ditangah runmah gadang nangko bakaranolah kapai anak kami mamakai nan sapanjang adaik,tantu baradaik pulo tantangannyo. manyo nan manjadi adaik nyo batatiangkan ayam singgang nan saikue,nasi kunyik nan sairiang siriah nan di ateh,ameh nan dibawah,uang nan limo kupang namonyo. kok lah banamo bana kabanaran nan katangah dikami nan ditarimo suko jikok banamo dilua nak dikadalamkan. sakian sambah jo titah kami himpunkan (mamak) Lah sampai di bapak kami Sapanjang panitahan bapak kami nan tairik tabantang,talayang ditangah tangah,tibo bakeh kami sagaji ipa bisan. Jikok didanga lah elok bunyi,di pandang lah elok rupo. Lah bunta bak sawah nan sapiriang,lah boneh bak padi nan satangkai....tapi samantang pun baitu. Dek sawah indak sapiriang,dek pipik indak saikua. Dek padi indak satangkai masak indak sakali ambiak,dek pipik indak saikua tabang indak sakali inggok. Baa dek kaadaan kami duduak baduo batigo nan sagalo ipa bisan,dihadapan niniak dengan mamak. Kok kami cubo marantang panjang,untuang taserak jalo suto,kok lai ikan nan kabuliah,kok indak ameh tantangannyo. Kok kami cubo mampaiyo patidokan,dikato nan kamanjawek,di gayuang nan kamanyambuik,lai kok dalam adat nan tapakai..... Nak bapambari bapak kami.... (bapak) sampai di mamak kami,arati nyo bana nan katangah dmamak kami.bana nan ktngah jikok dpandang lah elok rupo didanga lah rncak bunyi.baa pulokoh dikato kamanjawab dgayuang kamanjawab,dek bkarano kami nan bduo btigo sakaji ipan bisan nan dduak d hdapn jumalah niniak mamak nan gadang basa batuah tntu btariak bakato bariyo batido.yo mantun? Spnjg kabanaran mamak kmi nan katangah lah dalam adaik nan tpakai lah dlm barih jo balabeh lah dlm cupak jo gantang nyenyo kami.lalunyo dlm nantun,krano itu pituah dinan tuo,barih nak jan ilang,adaik nak nyo tapakai.adaik bajalan bamulah adaik bakato bariyo.sakarang jalan kadipamulahkan kato ka dipariyokan dek mamak kami.kok dkami lah dlam garih nan barantang.bana bananti dikami.kumbali sambah bakeh mamak kami. (Mamak) Yo...ma bapak kami.....sapanjang rundiang nan kami danga,karana bakato ka pariyokan,bajalan ka di pamulahkan dek bapak kami...., Kok janyo kami lah tibo di barih balabehnyo,iyo lah dalam adaik nan tapakai,kan baitu kabanaran bapak kami......... Dikami sagaji ipa bisan itu bana nan manyangkuik. Baa karano lah dalam adat nan tapakai kabanaran kami...kok di kami hari elok nak tapakai,kok bajalan kami pamulahkan,bakato kami pariyokan.....sipaik mananti bapak kami. (Bapak) indak tarago baulang sapanjang buah kabanaran nan katangah dek mamak kami.kok d kami bana badangakan.kumbali bakek mamak kami. (mamak) Inya Allah kami pariyokan....... (bapak) Bana mananti (mamak ka angku datuak) Bakeh angku sambah.aratinyo karano lah katangah kabanaran bapak kito,adaik nan biaso pituah din an tuo,suato kato takanak jawek suatu gayuang takanak sambuik.nan dijuluak nak rareh nan dipungkang nak jatuah.tumbuah bak dinan sakarang nangko,karano lah katangah kabanaran bapak kito,lah bana kok dikami kato kabajwek gayuang kabasambuik ikobanalah pai nan kami tanyo pulang nan kami baritokan bakeh niniak mamak nan gadang basa batuah. Ko lah bana nyenyo angku nak bapambari angku,kok banamo balun nak di kadalamkan sakian sambah bakeh angku. (Datuak ka mamak) Manyo sutan,arainyo bana nan katangah dek sutan tumbuah bak dinan sakarang nangko,karano lah katangah kabanaran bapak kito,lah bana kok dikami kato kabajawek gayuang kabasambuik ikobanalah pai nan kami tanyo pulang nan kami baritokan bakeh niniak mamak nan gadang basa batuah.yo baitu? (sutan) bana (Datuak) Sapanjang kabanaran sutan lah ico nan baturuik lah adaik nan bapakai,lalunyo dalam nantun pai batanyokan pulang bakadukan .tumbuah din an bak sakarang kini karano lah tajun sambah jo titah di bapak kito,kato tantu bajawek gayuang tantu basanbuik,nan di pungkang nak jatuah nan di juluak nak nak rareh.kandak babari pintak balaku.namun dalam sado nantun,barih nak jan nyo hilang jajak nak jan nyo lipue.adaik bakatobariyo adaik bajalan bamulah.alahkoh bajalan bapamulahkan bakato bapariyokan di sutan nan baduo tigo.kok nyenyo ambo,banati jaj baabih hari batanggang jan baabih minyak lah bana nyo kato bajawek gayaun basambuik.sakaian titah kumbali bakeh sutan. (sutan) sapanjang pambarian angku satitiak jadikan lauik basa sakepa jadikan gunuang tnggi,bapacik arek baganggam taguah siang dipatungkek malam jadikan suluah. (Sutan ka sidi) manyo sidi,aratinyo karano lah tajun sambah jo titah dek bapak kito.tantu suatu kato bakandak jawek suatu gayuang bakandak sambuik.adopun maso sabalunnyo,pail ah kami batanyokan pulang lah bakadukan ka niniak mamak nan gadang basa batuah.dek niniak mamak baalam laweh bapadang lapang,indak tarago bananti hari lah bapambari niniak mamak.a nyo nan jadi pambari niniak mamak.lah bananyo kato bajwek gayuang basambuik.samantangpun baitu barih nak jan nyo ilang jajak jan lipue.adaik bajalan bamulah adaik bakato bariyo.sakarang jalan nan kadipamulahkan kato nan kadipariyokan bakeh sidi.dimakoh katarabiknyo bak padi katumbuahnyo bak bijo dikato nan kamanjawek digayuang kamanyambuik kabanaran bapak kito nan katangah.ikolah jalan nan bapamulahkan kato nan bapariyokan bakeh sidi,sakian sambah (Sidi ka sutan) sampai dek sutan.aratinyo bana nan katangah dek sutan karano lah tajun sambah jo titah dek bapak kito.tantu suatu kato bakandak jawek suatu gayuang bakandak sambuik.adopun maso sabalunnyo,tinggi alah bajuluak randah lah bajambo.painyo kami tanyokan pulang lah kadukan ka niniak mamak nan gadang basa batuah.dek niniak mamak baalam laweh bapadang lapang,indak tarago bananti hari lah bapambari niniak mamak.a nyo nan jadi pambari niniak mamak.lah bananyo kato bajwek gayuang basambuik.samantangpun baitu barih nak jan nyo ilang jajak jan lipue.adaik bajalan bamulah adaik bakato bariyo.sakarang jalan nan kadipamulahkan kato nan kadipariyokan bakeh sidi.dimakoh katarabiknyo bak padi katumbuahnyo bak bijo dikato nan kamanjawek digayuang kamanyambuik kabanaran bapak kito nan katangah.ikolah jalan nan bapamulahkan kato nan bapariyokan bakeh sidi,iyo baitu? (sutan) bana (sidi) sapnjang kabanaran sutan lah dalam barih jo balabeh lah dalam cupak nanjo gantang,lalunyo dalam nantun.bajalan bapariyokan bajalan bapamulahkan.jalan nan tapariyokan di sutan batarimo suko di ambo.baa pulokoh,dek ambo nan duduak sabalah kamari lai baduo batigo pulo.kok batariak dikami bajalan bamulah bakato bariyo lai koh di sutan ka babari.kumbalai bakeh sutan. (sutan) Aratinyo buah kabanaran sidi kini nantun jalan nan tapariyokan di sutan batarimo suko di ambo.baa pulokoh,dek ambo nan duduak sabalah kamari lai baduo batigo pulo.kok batariak dikami bajalan bamulah bakato bariyo lai koh di sutan ka babari.iyo baitu? (sidi) bana (sutan) sapanjang kabanaran sidi lah dalam takuak tabang tibo,lah dalam garih makanan pahek.lalunyo dalam nantun.karano uitu pituah rang tuo,barih jan hilang jajak jan lipue.adaik bakato bariyo adaik bajalan bamulah.sakarang kato kabapariyokan jalan kadipamulahkan dek sidi.kok diambo bana bananti. (sidi) .aratinyo bana nan katangak dek sutan karano uitu pituah rang tuo,barih jan hilang jajak jan lipue.adaik bakato bariyo adaik bajalan bamulah.sakarang kato kabapariyokan jalan kadipamulahkan dek sidi,kok di kami bana mananti.yo baitu (sutan)bana (sidi) ndak tarago baulang sapanjang pambarian sutan,bana bapariyokan. (bana bananti) (sidi ka rangkayo) rang kayo,aratinyo karano bisiak lah kadangaran himbau lah kalampauan di dunsanak kito sabalah ka mudiak.karano lah tajun sambah jo titah di bapak kito.tantu kato bajawek gayuang basambuik.sakarang dimakoh katarabiknyo nan bak padi katumbuahnyo nan bak bijo dikato nan kamanjawek gayuang kamanyambuik kabanaran bapak kito nan katangah.ikolah jlan nan bapamulahkan kato nan bapariyokan bakeh rangkayo. (rangkayo ka sidi) sampai dek sidi.aratinyo karano bisiak lah kadangaran himbau lah kalampauan di dunsanak kito sabalah ka mudiak.karano lah tajun sambah jo titah di bapak kito.tantu kato bajawek gayuang basambuik.sakarang dimakoh katarabiknyo nan bak padi katumbuahnyo nan bak bijo dikato nan kamanjawek gayuang kamanyambuik kabanaran bapak kito nan katangah.ikolah jlan nan bapamulahkan kato nan bapariyokan bakeh rangkayo.yo baitu? (sidi) bana (rangkayo ka sidi)rupo ruponyo di sidi barih nadak hilang jajak ndak lipue.lalunyo dalam nantun,bajalan bapamulahkan bakato bapariyokan.jalan nan tapamulahkan kato nan tapariyokan dek sidi batarimo suko diambo.di tantangan kato nan kamanjawek gayuang nan kamanyambuik kabanaran bapak nan katangah .nak lamak siriah lega carano lamak kato lega bunyi, dikato nan kamanjawek kumbali kapado sutan,pihak mangumbalikan kumbali ka sidi .nan kami disiko lah samo didalam.sakian sambah. (sidi ka rangkayo) Alah sampai dek kayo? (rangkayo) umpamo alah (sidi ka rangkayo) Aratinyo nan manjadi buah bana di kayo kini nantun di tantangan kato nan kamanjawek gayuang nan kamanyambuik kabanaran bapak nan katangah .nak lamak siriah lega carano lamak kato lega bunyi, dikato nan kamanjawek kumbali kapado sutan,pihak mangumbalikan kumbali ka sidi .nan kami disiko lah samo didalam.iyo baitu? (rangkayo) lah bananyoh (sidi ka rangkayo) spanjang kabanaran sidi lah rancak susunnyo nan bak siriah lah rancak ririknyo nan bak pinang. nak lamak siriah lega carano lamak kato lega bunyi, dikato nan kamanjwek kumbali kapado sutan.kok di ambo bana bakumbalikan. (sidi ka sutan) manyo sutan (sutan)manitahlah (sidi ka sutan) aratinyo parundiangan kito antaro jo sutan iyolah talaun talalai.talaunnyo tarago kabukik mancari angin ,kalurah mancari aie.dek hari kolah nan elok kutiko kolah nan baiak,lakeh dapek dikami bulek nan sagiliang pipiah nan satapiak.dibulekkan aie ka pambuluah dibulekan kato ka mupakaik.a nyo nan manjadi mupakaik kami nan sabalah kamari,dipihak kamanarabik an nan bak padi manumbuahkan bak bijo,dikato nan kamanjawek di gayuang kamanyambuik kabanaran bapak nan katanagah iyolah karano lah sutan nan baulu jawek di sutan pulo katarabiknyo.kumbali bakeh sutan. (sutan ka sidi)aratinyo sapanjang titah nan katangah dek sidi..dek hari kolah nan elok kutiko kolah nan baiak,lakeh dapek dikami bulek nan sagiliang pipiah nan satapiak.dibulekkan aie ka pambuluah dibulekan kato ka mupakaik.a nyo nan manjadi mupakaik kami nan sabalah kamari,dipihak kamanarabik an nan bak padi manumbuahkan bak bijo,dikato nan kamanjawek di gayuang kamanyambuik kabanaran bapak nan katanagah iyolah karano lah sutan nan baulu jawek di sutan pulo katarabiknyo.iyo baitu? (sidi) bana (sutan ka sidi) sapanjang kabanaran sidi mambanai ambo.,dipihak nan baulu jawek iyolah diambo. namun sakiro nantun,nak rancak lega carano nak elok lega bunyi.elok juolah di sidi nan kamanarabik an.kumbali bakeh sidi. (sidi ka sutan)aratinyo nan manjadi bana dek sutan,nak rancak lega carano nak elok lega bunyi.elok juolah di sidi nan kamanarabik an.ityo baitu? (sutan)bana (Sidi ka sutan)sapanjang kabanaran sutan lah dalam takuak tabang tibo,lah dalam garih makanan pahek,lalunyo dalam nantun nak rancak lega carano nak elok lega bunyi mambanai ambo.namun sakiro nantun,bak pituah urang tuo.adaik bajalan ba nan tau adaik bakato ba nan pandai.tarabik an lah dek sutan mairiangan ambo.sakian sambah. (stuan ka sidi) aratinyo nan manjadi buah ban dek sidi,nak rancak lega carano nak elok lega bunyi mambanai ambo.namun sakiro nantun,bak pituah urang tuo.adaik bajalan ba nan tau adaik bakato ba nan pandai.tarabik an lah dek sutan mairiangan ambo,yo baitu. (sidi) sakiro nantun (sutan) sapanjang kabanaran sidi lah dalam barih jo balabeh lah dalam lingkuang cupak jo gantang.lalunyo dalam nan tun.bak gurindam rang tuo. singgalang lereang malereang dilereang nagari pandaisikek mandaki jalan ka tanjuang tasabuik nagari ampek koto dipapanjang namuah panjang elok di kumpa nak nyo singkek nan bak maetong kain saruang disinan juo katibonyo. karano lah sapareh tu bana sidi mangumbalikan bakeh ambo.kok jadih jadih juo.namun sakiro nantun,kok senteang nak di bilai kurang yo batukuak dek sidi. (sidi)indak bapabia tagamang sutan

saco-indonesia.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah kembali memeriksa tangan kanan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah,

saco-indonesia.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah kembali memeriksa tangan kanan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Siti Halimah alias Iim. Kepala Bagian Informasi dan Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha, juga telah mengatakan Iim akan diperiksa sebagai saksi untuk orang nomor satu di Banten itu.
 
"Diperiksa KPK untuk Ratu Atut," katanya saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (10/2/2014).
 
Iim sendiri juga akan diperiksa terkait dalam penyidikan KPK atas kasus dugaan penerimaan gratifikasi proyek alat kesehatan di Banten, dimana ia dianggap telah mengetahui berbagai proyek di Banten. Iim diketahui juga pernah dijemput paksa oleh KPK lantaran selalu mangkir dari pemanggilan yang dilayangkan lembaga pimpinan Abraham Samad itu.


Editor : Dian Sukmawati

saco-indonesia.com, Pasca penemuan tas ransel yang telah berisi rangkaian kabel dan baterai dekat lokasi perampokan BRI di Desa

saco-indonesia.com, Pasca penemuan tas ransel yang telah berisi rangkaian kabel dan baterai dekat lokasi perampokan BRI di Desa Ranca Iyuh, Kec.Panongan, Kabupaten Tangerang, petugas Gegana Polda Metro Jaya kemudian telah meledakan bom tersebut di tempat yang aman di sekitar tempat tersebut. Setelah itu sisa komponen bom telah dikumpulkan dan dibawa petugas untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Kapolresta Tangerang Kombes Irfing Jaya juga menyatakan, analisa sementara bom yang telah ditemukan di tas ransel di warung milik Saefuri tersebut berjenis low explosive. “Petugas juga masih harus menyelidiki komponen bom tersebut,” katanya, Kamis (26/12).

Menurut Irfing, sebelum bom tersebut diledakkan, petugas Gegana Polda Metro yang berjumlah enam orang tersebut sudah melokalisir lokasi dari kerumunan warga yang ada di sekitar tempat itu.

Menurut Saefuri, tas tersebut diduga juga merupakan milik dari enam orang yang makan di warungnya sebelum perampokan yang telah menimpa BRI terjadi pada Selasa (24/12) siang. “Setelah makan, mereka langsung menuju bank dan tasnya tertinggal.  Saya tidak curiga dan telah menyimpan tas itu di meja makan. Namun karena sampai Rabu sore tas tidak diambil, akhirnya kami telah laporkan ke polisi,” ujarnya.

Sebelumnya, enam perampok telah menyatroni BRI Cabang Panongan dan menggasak uang tunai Rp570 juta. Polisi juga masih harus memburu pelaku, termasuk dugaan pelaksanaan perampokan yang disebut-sebut terkait fai atau merampas harta milik orang lain.


Editor : Dian sukmawati

Paket Umroh Bulan April ini merupakan rangkaian akhir dari program- program paket umroh awal tahun murah, dikarenakan mulai da

Paket Umroh Bulan April ini merupakan rangkaian akhir dari program- program paket umroh awal tahun murah, dikarenakan mulai dari bulan Mei sampai menjelang liburan bahkan sekarang berbarengan dengan Ramadhan membuat biaya-biaya umroh akan naik, ada beberapa faktor mengapa setelah bulan April biaya umroh naik sampai menjelang liburan atau Ramadhan : Karena pada musim-musim tersebut peminat umroh meningkat Pada saat ini terjadi persaingan ketat antar sesama maskapai penerbangan, biaya penerbangan ini bisa 40% dari biaya umroh anda. Jika anda ingin mencari biaya harga paket umroh murah, ambillah paket umroh pada bulan Januari hingga bulan April, pada waktu-waktu ini, harga biasanya lebih murah dibandingkan paket-paket umroh pada bulan lain, termasuk program yang kami keluarkan sekarang yaitu Paket Umroh Bulan April. Jadi seandainya anda berniat pergi melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci, inilah saatnya anda mengambil Paket Umroh Bulan April yang travel kami keluarkan. Informasi lebih lengkap hubungi staf kami: Tlp. 021 9169 3870 Hp. 08121 9395 680 / 0857 43 682 680 / 08380 6161 770 Pin BB. 24D5CFE2 atau datang langsung ke kantor kami di Travel Haji plus dan Umroh Baitussalam: PT. Papua Tours and Travel Gedung Graha Morzel Lt2, Jl. Pejaten Raya No.22 Pasar Minggu Jakarta Selatan

Fullmer, who reigned when fight clubs abounded and Friday night fights were a television staple, was known for his title bouts with Sugar Ray Robinson and Carmen Basilio.

Ms. Crough played the youngest daughter on the hit ’70s sitcom starring David Cassidy and Shirley Jones.

Late in April, after Native American actors walked off in disgust from the set of Adam Sandler’s latest film, a western sendup that its distributor, Netflix, has defended as being equally offensive to all, a glow of pride spread through several Native American communities.

Tantoo Cardinal, a Canadian indigenous actress who played Black Shawl in “Dances With Wolves,” recalled thinking to herself, “It’s come.” Larry Sellers, who starred as Cloud Dancing in the 1990s television show “Dr. Quinn, Medicine Woman,” thought, “It’s about time.” Jesse Wente, who is Ojibwe and directs film programming at the TIFF Bell Lightbox in Toronto, found himself encouraged and surprised. There are so few film roles for indigenous actors, he said, that walking off the set of a major production showed real mettle.

But what didn’t surprise Mr. Wente was the content of the script. According to the actors who walked off the set, the film, titled “The Ridiculous Six,” included a Native American woman who passes out and is revived after white men douse her with alcohol, and another woman squatting to urinate while lighting a peace pipe. “There’s enough history at this point to have set some expectations around these sort of Hollywood depictions,” Mr. Wente said.

The walkout prompted a rhetorical “What do you expect from an Adam Sandler film?,” and a Netflix spokesman said that in the movie, blacks, Mexicans and whites were lampooned as well. But Native American actors and critics said a broader issue was at stake. While mainstream portrayals of native peoples have, Mr. Wente said, become “incrementally better” over the decades, he and others say, they remain far from accurate and reflect a lack of opportunities for Native American performers. What’s more, as Native Americans hunger for representation on screen, critics say the absence of three-dimensional portrayals has very real off-screen consequences.

“Our people are still healing from historical trauma,” said Loren Anthony, one of the actors who walked out. “Our youth are still trying to figure out who they are, where they fit in this society. Kids are killing themselves. They’re not proud of who they are.” They also don’t, he added, see themselves on prime time television or the big screen. Netflix noted while about five people walked off the “The Ridiculous Six” set, 100 or so Native American actors and extras stayed.

Advertisement

But in interviews, nearly a dozen Native American actors and film industry experts said that Mr. Sandler’s humor perpetuated decades-old negative stereotypes. Mr. Anthony said such depictions helped feed the despondency many Native Americans feel, with deadly results: Native Americans have the highest suicide rate out of all the country’s ethnicities.

The on-screen problem is twofold, Mr. Anthony and others said: There’s a paucity of roles for Native Americans — according to the Screen Actors Guild in 2008 they accounted for 0.3 percent of all on-screen parts (those figures have yet to be updated), compared to about 2 percent of the general population — and Native American actors are often perceived in a narrow way.

In his Peabody Award-winning documentary “Reel Injun,” the Cree filmmaker Neil Diamond explored Hollywood depictions of Native Americans over the years, and found they fell into a few stereotypical categories: the Noble Savage, the Drunk Indian, the Mystic, the Indian Princess, the backward tribal people futilely fighting John Wayne and manifest destiny. While the 1990 film “Dances With Wolves” won praise for depicting Native Americans as fully fleshed out human beings, not all indigenous people embraced it. It was still told, critics said, from the colonialists’ point of view. In an interview, John Trudell, a Santee Sioux writer, actor (“Thunderheart”) and the former chairman of the American Indian Movement, described the film as “a story of two white people.”

“God bless ‘Dances with Wolves,’ ” Michael Horse, who played Deputy Hawk in “Twin Peaks,” said sarcastically. “Even ‘Avatar.’ Someone’s got to come save the tribal people.”

Dan Spilo, a partner at Industry Entertainment who represents Adam Beach, one of today’s most prominent Native American actors, said while typecasting dogs many minorities, it is especially intractable when it comes to Native Americans. Casting directors, he said, rarely cast them as police officers, doctors or lawyers. “There’s the belief that the Native American character should be on reservations or riding a horse,” he said.

“We don’t see ourselves,” Mr. Horse said. “We’re still an antiquated culture to them, and to the rest of the world.”

Ms. Cardinal said she was once turned down for the role of the wife of a child-abusing cop because the filmmakers felt that casting her would somehow be “too political.”

Another sore point is the long run of white actors playing American Indians, among them Burt Lancaster, Rock Hudson, Audrey Hepburn and, more recently, Johnny Depp, whose depiction of Tonto in the 2013 film “Lone Ranger,” was viewed as racist by detractors. There are, of course, exceptions. The former A&E series “Longmire,” which, as it happens, will now be on Netflix, was roundly praised for its depiction of life on a Northern Cheyenne reservation, with Lou Diamond Phillips, who is of Cherokee descent, playing a Northern Cheyenne man.

Others also point to the success of Mr. Beach, who played a Mohawk detective in “Law & Order: Special Victims Unit” and landed a starring role in the forthcoming D C Comics picture “Suicide Squad.” Mr. Beach said he had come across insulting scripts backed by people who don’t see anything wrong with them.

“I’d rather starve than do something that is offensive to my ancestral roots,” Mr. Beach said. “But I think there will always be attempts to drawn on the weakness of native people’s struggles. The savage Indian will always be the savage Indian. The white man will always be smarter and more cunning. The cavalry will always win.”

The solution, Mr. Wente, Mr. Trudell and others said, lies in getting more stories written by and starring Native Americans. But Mr. Wente noted that while independent indigenous film has blossomed in the last two decades, mainstream depictions have yet to catch up. “You have to stop expecting for Hollywood to correct it, because there seems to be no ability or desire to correct it,” Mr. Wente said.

There have been calls to boycott Netflix but, writing for Indian Country Today Media Network, which first broke news of the walk off, the filmmaker Brian Young noted that the distributor also offered a number of films by or about Native Americans.

The furor around “The Ridiculous Six” may drive more people to see it. Then one of the questions that Mr. Trudell, echoing others, had about the film will be answered: “Who the hell laughs at this stuff?”

With 12 tournament victories in his career, Mr. Peete was the most successful black professional golfer before Tiger Woods.

Pronovost, who played for the Red Wings, was not a prolific scorer, but he was a consummate team player with bruising checks and fearless bursts up the ice that could puncture a defense.

Children playing last week in Sandtown-Winchester, the Baltimore neighborhood where Freddie Gray was raised. One young resident called it “a tough community.”
Todd Heisler/The New York Times

Children playing last week in Sandtown-Winchester, the Baltimore neighborhood where Freddie Gray was raised. One young resident called it “a tough community.”

Hard but Hopeful Home to ‘Lot of Freddies’

Mr. Paczynski was one of the concentration camp’s longest surviving inmates and served as the personal barber to its Nazi commandant Rudolf Höss.

The 2015 Met Gala has only officially begun, but there's a clear leader in the race for best couple, no small feat at an event that threatens to sap Hollywood of every celebrity it has for the duration of an East Coast evening.

That would be Marc Jacobs and his surprise guest (who, by some miracle, remained under wraps until their red carpet debut), Cher.

“This has been a dream of mine for a very, very long time,” Mr. Jacobs said.

It is Cher's first appearance at the Met Gala since 1997, when she arrived on the arm of Donatella Versace.

– MATTHEW SCHNEIER

Frontline  An installment of this PBS program looks at the effects of Ebola on Liberia and other countries, as well as the origins of the outbreak.
Frontline

Frontline An installment of this PBS program looks at the effects of Ebola on Liberia and other countries, as well as the origins of the outbreak.

The program traces the outbreak to its origin, thought to be a tree full of bats in Guinea.

Review: ‘9-Man’ Is More Than a Game for Chinese-Americans

A variation of volleyball with nine men on each side is profiled Tuesday night on the World Channel in an absorbing documentary called “9-Man.”

Television

‘Hard Earned’ Documents the Plight of the Working Poor

“Hard Earned,” an Al Jazeera America series, follows five working-class families scrambling to stay ahead on limited incomes.